Laundry Syar'i " Toharoh "

Dimulai dari sebuah niat ikut memikirkan ummat khususnya dalam masalah penyediaan sarana pencucian pakaian, diperkenalkanlah Laundry Syar'i.

Sebuah kisah nyata ditengah masyarakat kita, waktu-waktu sekarang ini.., bahwa masih ada yang memandang begitu remeh akan masalah kesucian tempat & pakaiannya. Tersebutlah seorang ibu dengan seorang anaknya yang berumur sekitar 3 tahun. Yang namanya anak-anak kadang perilakunya masih sembarangan, suatu kali kencing di lantai ruang tamu sehingga membentuk kubangan kecil air kencing di tengah rumah. Ibunya segera menasehatinya sambil berkata "Nak, kalau pipis di kamar mandi sayang, jangan disini, kan baunya jadi serumah...". Sang Ibu segera mengambil kain pel untuk membersihkannya. Tetapi apa yang terjadi? disekanya kubangan air itu dengan kain pel, disapukan ke kiri dan ke kanan sehingga kubangan tersebut menjadi kering dan lantai menjadi terlihat bersih mengkilat, "disemprot pengharum ruangan biar wangi", tambah Sang Ibu menandakan concernnya adalah masalah "bau" dan bukan kesucian. Masya Allah... inilah kesalahan lantaran ketiadaan kefahaman akan kesucian mengakibatkan Sang Ibu bukan menyucikan lantai bahkan meratakan najis menjadi lebih luas. Berapa buah kaki yang akan melewati ruang tamu itu? yang kemudian berjalan ke dapur, ke ruang makan, ke ruang tidur dan ke tempat shalat?




Masyarakat Muslim peduli akan kesucian

Masyarakat Muslim memposisikan Thaharah atau Bersuci sebagai awal dari segala aktifitasnya. Istilah kebersihan dibedakan dengan istilah kesucian, sehingga ada istilah Bersih dan Suci sebagaimana ada istilah Halallan Thoyyiban (Halal dan Baik).

Istilah-istilah tersebut mengacu pada pemaknaan secara lahir dan bathin, Bersih mengacu pada pengertian tidak melekat padanya sesuatu yang secara fisik terkategorikan kotor misalnya karena sehabis main sepak bola di tanah yang berlumpur dan kotor. Suci mengacu pada terbebas dari najis yang merupakan salah satu prasyarat untuk mendirikan shalat.

Sesuatu yang bersih belum tentu suci karena perbedaan dimensi penilaiannya sehingga suci mempunyai nilai yang lebih utama dari pada bersih. Ummat Islam membedakan sesuatu yang bersih & suci dari pada sesuatu yang bersih saja, sebagaimana ummat Islam membedakan sesuatu yang halal & thoyyib dari pada sesuatu yang thoyyib (baik) saja. Sebagai contoh ummat Islam memilih memakan pizza yang halal yaitu yang tidak terkandung didalamnya bahan-bahan dari babi atau bahan-bahan lain yang diharamkan. Padahal diketahui bahwa Pizza adalah makanan yang thoyyib (baik) karena banyak mengandung gizi tinggi, akan tetapi lebih baik lagi dengan memilih Pizza yang Halal sehingga makanan Pizza tersebut menjadi makanan yang halalal thoyyiban.

Kembali ke masalah kesucian, bahwa kesucian jasmani yang termasuk didalamnya kesucian badan, tempat dan pakaian diharapkan akan lebih menghantarkan dalam mencapai kesucian ruhani, walaupun bukan berarti seseorang yang badannya sedang kotor maka serta merta dia bukan orang yang suci, akan tetapi pengertian yang dibahas disini berkaitan dengan shalat, bukankah orang yang tidak punya wudlu walaupun dia baru saja mandi & keramas sebersih-bersihnya tidak akan syah shalatnya hingga dia berwudlu.

Untuk mendapatkan kesucian dengan ber-thaharah harus sesuai dengan ketentuan syar'i berthaharah itu sendiri, seperti menggunakan air yang suci dan mensucikan, menghilangkan najis yang masih menempel, mengalirkan air sehingga menjaga agar tidak menggunakan air yang musta'mal (air bekas bersuci), dengan menggunakan tanah untuk jenis najis berat (najis karena terkena air liur anjing/babi).

Laundry Syar'i Toharoh mengkhususkan untuk masalah mencuci pakaian sehingga pakaian menjadi bersih dan suci bahkan wangi. Kami terus berupaya untuk meningkatkan standard dan prosedur untuk memberikan mutu layanan yang lebih baik lagi, karenanya kami masih terus berinovasi, berkreasi, menerima kritik dan saran dari masyarakat. Harapan itu masih ada untuk menambah kekuatan membentuk benteng budaya yang Islami ditengah masyarakat muslim sendiri. Siapa lagi yang akan pedudi? insyaAllah.


oleh Masagus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

chatting dgn kami


ShoutMix chat widget

Pengikut

selamat datang
selamat datang